Pesona Batik Gentongan Madura

Batik Gentongan memiliki daya tarik tersendiri dari Madura selain karapan sapi dan kulinernya. Pesona kerajinan batik Gentongan Madura memiliki daya tarik dengan motif dan warnanya yang memikat. Selain itu, ternyata batik ini dibuat oleh wanita- wanita yang mewarisi keahlian ini secara turun temurun.

Seperti ditayangkan Horison dalam Fokus Indosiar, Senin (22/1/2018), terekam aktivitas warga sehari-hari di Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan, yang merupakan salah satu sentra batik di Pulau Madura.

Nyaris sebagian besar warga di sini membuat batik tanpa menggunakan pola. Kemampuan membatik ini mereka dapat secara turun-temurun, sehingga desain yang akan dibuat berada di benak wanita-wanita ini.


Keunikan batik Tanjung Bumi ini, motifnya sangat lembut dan penuh mengisi seluruh kain. Untuk warna-warnanya yang cerah, dibuat dari pewarna alami dari kulit pohon buah mundu atau daun tarom.

Pewarnaan dilakukan dengan cara direndam di dalam gentong. Lamanya perendaman agar mendapat warna yang diinginkan dan tahan lama. Karena itu, batik ini populer dengan nama Batik Gentongan.

Motif yang terkenal dari Batik Gentongan adalah motif kucing merinduh, gajah dan uget-uget. Untuk satu potong batik tulis Gentongan, dihargai mulai Rp 2 juta hingga mencapai puluhan juta rupiah per potongnya.


Pesona Batik Gentongan Madura 

Bagikan:

Populer

Kategori

Artikel Baru

Pojok Redaksi

Selamat datang di website SDN Potoan Laok 1 Palengaan - Pamekasan.

Keluarga Besar SDN Potoan Laok 1 mengucapkan SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL 2018.

“Bersama Santri Damailah Negeri”