Sekolah Dasar Berwawasan Keunggulan

Pengertian Wawasan Keunggulan adalah cara pandang bangsa Indonesia untuk mewujudkan gagasan, ide, dan pemikiran dalam bentuk perilaku dan sikap yang terbaik menurut warga Negara secara konsisten dan berdisiplin rangka pembangunan bangsa. 

Keunggulan informasi dan konsep mengenai wawasan keunggulan hendaknya terus-menerus di masyarakat.

Sekolah Dasar Berwawasan Keunggulan


Implementasi Wawasan Keunggulan di Sekolah Dasar


Banyak alternatif yang dapat ditempuh dalam rangka mengimplementasikan wawasan keunggulan melalui sistem pendidikan di sekolah dasar. Penerapannya bisa melalui program percepatan, program khusus, program kelas khusus dan program pendidikan khusus yang merefleksikan pendidikan keunggulan.

1. Sekolah Unggulan

Satu alternatif yang dapat di tempuh dalam mengimplementasikan wawasan keunggulan di sekolah dasar adalah pengembangan sekolah unggulan. Idealnya implementasi wawasan keunggulan di sekolah dasar itu melalui sistem persekolahan unggulan.

2. Kelas Unggulan

Alternatif lain dari implementasi wawasan keunggulan di sekolah dasar adalah melalui pengembangan kelas unggulan yaitu sejumlah siswa yang Karena prestasinya menonjol, dikelompokkan di dalam kelas tertentu.

Pengelompokan ini dimaksudkan untuk membina siswa dalam mengembangkan kecerdasan, kemampuan, keterampilan dan potensinya seoptimal mungkin sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang terbaik sebagaimana konsep wawasan keunggulan.

3. Pembelajaran Unggulan

Secara konseptual, sekolah unggulan maupun kelas unggulan memang baik. Melalui kelas unggulan dimungkinkan untuk melahirkan lulusan yang unggul pula. 

Pembelajaran unggulan adalah proses belajar mengajar yang dikembangkan dalam rangka membelajarkan semua siswa berdasarkan perbedaan tingkat keunggulannya (individual differences), untuk menjadikannya beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi secara mandiri namun tetap dalam kebersamaan dalam menghasilkan karya yang tebaik dalam menghadapi persaingan bebas dunia

Profesionalisme Guru Sekolah Dasar


Dalam pengembangan pembelajaran unggulan sebagaimana dikonsepkan di atas tidak mudah karena mempersyaratkan kegiatan guru yang juga bernilai keunggulan.

Semua komponen dalam proses belajar mengajar, materi, media ,sarana dan prasarana dana pendidikan tidak akan banyak memberikan dukungan yang maksimal atau tidak dapat dimanfaatkan secara optimal bagi perkembangan proses pembelajaran unggulan, tanpa didukung oleh keberadaan guru yang secara kontinu berupa mewujudkan gagasan, ide dan pemikiran dalam bentuk perilaku dan sikap yang terbaik sebagai tugasnya sebagai pendidik.


Sekolah Dasar Berwawasan Keunggulan

Bagikan:

Populer

Kategori

Artikel Baru

Pojok Redaksi

Selamat datang di website SDN Potoan Laok 1 Palengaan - Pamekasan.

Tahun baru 2019, semangat baru untuk terus belajar