Ciri-ciri Ikan Tidur

Ikan juga perlu tidur, hanya saja kita tidak tahu bahwa kapan ikan tidur karena mata ikan selalu termuka. Setidaknya ada empat ciri-ciri yang menandakan bahwa ikan sedang tidur

Ciri-ciri Ikan Tidur

Ciri-ciri Ikan Tidur

1. Tidak aktif untuk waktu yang lama.

Umumnya jika ikan sedang tidur akan terdiam dan tidak melakukan aktivitas apapun misalnya bergerak ke sana-sini. Namun ikan perlu terus bergerak untuk menjaga aliran air yang konstan bergerak melewati insang untuk mempertahankan tingkat oksigen yang tepat dalam tubuhnya.

2. Postur istirahat.

Ikan tidur dengan berbagai cara, seperti melayang dengan gerakan ekor atau sirip sesekali untuk menjaga kestabilan di permukaan atau dasar air. Beberapa ikan tidur di sela-sela batu karang atau gua. Beberapa ikan bahkan membuat “sarang” di pasir.

3. Suatu rutinitas (tidur pada waktu yang sama, dengan cara yang sama).

Pola tidur-bangun ikan sangat mirip dengan kita, bisa tidur kapan saja di siang atau malam hari. Jika ikan aktif di siang hari maka menjadi diam dan tidak responsif di malam hari, dan sebaliknya. Kapan ikan tidur benar-benar tergantung pada lingkungan mereka dan jenis spesies mereka. Misalnya, ikan yang hidup di dekat terumbu karang cenderung tetap aktif di siang hari dan beristirahat di malam hari untuk menghindari predator.

Selain itu, Ikan bisa bolak-balik antara tidur siang dan malam hari tergantung pada faktor-faktor seperti keberadaan predator, suhu air, dan ketersediaan makanan.

4. Menurunnya sensitivitas terhadap stimulus eksternal.

Sebagian besar ikan memiliki periode istirahat teratur sehingga ikan menjadi kurang aktif, kurang responsif terhadap rangsangan, dan metabolisme melambat saat tidur. Namun ikan cenderung tetap waspada terhadap bahaya bahkan saat tidur, sehingga dapat melarikan diri dengan cepat jika merasa terancam.



Ciri-ciri Ikan Tidur

Bagikan:

Populer

Kategori

Artikel Baru

Pojok Redaksi

Selamat datang di website SDN Potoan Laok 1 Palengaan - Pamekasan.