Mau Mahir Berbahasa Inggris? Ini Dia 4 Cara Efektif

Belakangan ini, perkembangan berbahasa Inggris di Indonesia mulai meningkat, terutama pada remaja. Sehingga saat ini banyak pertebaran berbagai macam tempat kursus bahasa Inggris dan tempat kursus TOEFL maupuan IELTS dll.

Mahir Berbahasa Inggris

Mempelajari bahasa Internasional tentu saja wajib dilakukan semua orang dan akan berguna juga untuk mengetahui tentang dunia ini. Karena penting, inilah yang membuat bahasa Inggris menjadi bahasa internasional tertua yang ada di dunia.

Awal mula munculnya bahasa Inggris ini yaitu dari Britania pada abad ke 8. Hebatnya, saat itu perkembangan kosa-kata bahasa Inggris sangat cepat dan mulai banyak digunakan.

Menurut penelitian dari Harvard University, setidaknya ada 8500 kosakata baru per tahun dari bahasa Inggris pada saat itu.

Di Indonesia, mulai bermunculan banyak sekolah dan perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari selama aktivitas. Hal ini untuk mendukung penggunaan bahasa Inggris dikalangan masyarakat Indonesia, agar terus berkembang.

4 Cara Belajar bahasa Inggris yang bisa Dicoba


Mungkin kamu yang baru ingin belajar bahasa Inggris bertanya-tanya, cara efektif belajar bahasa Inggris apa yang bisa kamu lakukan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kali ini kita akan membahas mengenai 4 cara efektif belajar bahasa Inggris. Simak dibawah ini ya!

1. Mempelajari Kata-Kata Bahasa Inggris


Setiap mempelajari bahasa baru, tentu saja kita harus mempelajari dulu kata-kata dasarnya agar bisa mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris. Catatlah dan ingat kata-kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kamu bisa coba 5 kata per hari dan mengingatnya sepanjang hari. Jika sudah lebih mahir, kamu bisa tambah menjadi 10 kata perhari atau lebih. Ini akan memperbanyak vocabulary.

Selain itu, jika kamu menemukan kata baru yang tidak kamu pahami, seperti ketika mendengarkan musik atau menonton film, catatlah kata itu, pahami dan hafalkan.

Untuk mencatat kata-kata tersebut, kamu bisa membeli note kecil yang bisa kamu bawa kemana-mana, sebagai kamus kecil kamu. Atau buat sendiri catatan kecil dan hias agar kamu lebih semangat lagi untuk belajar bahasa Inggris.

2. Ketika Mendengarkan Lagu


Kamu adalah penggemar musik barat? Ini bisa menjadi keuntungan untukmu, karena kamu bisa menghibur diri sekaligus belajar. Jika ingin mahir berbahasa inggris, mulailah untuk melakukan hal ini ketika mendengarkan music. Dengarkanlah baik-baik lirik dari lagu yang kamu dengar, lalu catat liriknya. Setelah itu, cek lirik yang kamu tulis dengan lirik asli, apakah sudah benar.

Jika sudah benar, artinya kemampuan listening kamu sudah bagus. Jika belum, latihlah ini setiap hari agar kamu semakin berkembang. Ini akan meningkatkan kemampuan listening kita supaya lebih baik lagi.

3. Menonton Film Barat Tanpa Menggunakan Subtitle Bahasa Indonesia


Jika kamu punya banyak koleksi film barat atau sering menontonnya, maka kamu bisa coba belajar bahasa Inggris dari film yang kamu tonton.

Cara Ini akan membantumu lebih konsentrasi dan berusaha mengerti jalan cerita dari film tersebut. Yaitu menonton film tersebut tanpa subtitle bahasa Indonesia.

Jika masih ada beberapa kata yang kurang kamu pahami, segera catat atau lihat subtitlenya, namun jangan terlalu sering ya. Dengan mencatat dan mencari artinya, ini bisa menambah kamus kata bahasa Inggris kamu.

Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih konsentrasi dan fokus ketika menonton film, karena jika salah memahami yang disampaikan, jalan ceritanya akan berbeda.

4. Menggunakan Bahasa Inggris Sebagai Percakapan Sehari-Hari


Sudah tidak asing lagi menggunakan bahasa Inggris kepada keluarga, rekan atau bahkan teman-temanmu di zaman sekarang ini.

Bahkan banyak sekali anak kecil yang sudah fasih berbahasa Inggris karena diajarkan oleh orang tuanya sejak dini. Hal ini tentu saja bisa membantu meningkatkan kemampuan speaking kamu.

Cara efektif berikutnya agar kamu bisa belajar bahasa Inggris yaitu menggunakan bahasa Inggris sebagai percakapan sehari-hari.

Misalnya saja dengan temanmu yang berasal dari luar negeri atau dengan teman sekolah kamu yang juga ingin belajar bahasa Inggris.

Menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari akan membuat kamu terbiasa menggunakan bahasa Inggris. Sehingga kedepannya kamu tidak ragu lagi jika salah dalam berbicara bahasa Inggris. Anggap saja sebagai latihan.

Bagaimana? Masih ragu untuk mempelajari bahasa Inggris? Di atas sudah ada banyak cara efektif belajar bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan. Ingat, tidak ada yang tidak bisa, yang ada hanyalah jika kamu malas dan takut untuk memulai.


Mau Mahir Berbahasa Inggris? Ini Dia 4 Cara Efektif

Bagikan:

Populer

Kategori

Artikel Baru

Pojok Redaksi

Selamat datang di website SDN Potoan Laok 1 Palengaan - Pamekasan.