Hosting Murah Untuk Buat Blog

Selain sebuah domain, sebuah website yang baik dan berkualitas juga memerlukan yang namanya hosting. Hosting ini sendiri merupakan sebuah lokasi untuk menyimpan file berupa gambar, foto, audio, video, dan segala jenis tulisan maupun berbagai kode pemrograman di dalam sebuah website. Oleh sebab itu, keberadaan domain dan hosting memang saling berkaitan antara satu dan yang lainnya pada sebuah website. 

Hosting Murah Untuk Buat Blog


Saat ini berbagai jenis kalangan dan usia sudah mulai fokus menata blog mereka menjadi sebuah website yang lebih profesional. Ada yang memang hanya untuk kebutuhan pribadi, ada pula yang membuat website dengan tujuan bisnis. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna website, maka semakin banyak pula provider hosting dan domain yang menawarkan harga murah untuk para pelanggannya.

Agar tidak sembarang memilih provider hosting dengan harga murah, berikut ini beberapa tips penting untuk Anda terkait masalah ini. 

6 Tips Memilih Hosting Murah Untuk Blog 


1. Mengetahui Kapasitas Blog Anda

Setiap blog memiliki kapasitas atau resource masing-masing. Kapasitas tersebut tergantung tujuan dibuatnya blog tersebut. Jika website Anda memang pada dasarnya tidak terlalu memiliki jumlah traffic yang sangat besar seperti website toko online, maka menggunakan hosting dengan ukuran paket standard merupakan pilihan yang tepat.

Akan tetapi, jika website Anda sudah mulai memiliki banyak postingan berupa tulisan, gambar, video bahkan jumlah pengunjung yang datang ke blog Anda sudah mencapai ratusan ribu, maka sebaiknya beralih ke paket hosting yang memiliki kapasitas besar. Hal ini bertujuan untuk menghindari down yang bisa terjadi secara tiba-tiba saat website Anda diakses. 

2. Menentukan Lokasi Server

Untuk memasang hosting pada website, Ada baiknya Anda memilih server yang strategis dan mudah dijangkau untuk website Anda. Perlu Anda ketahui jika server juga terdiri dari berbagai macam wilayah termasuk server di luar wilayah Indonesia. Akan tetapi, jika website yang Anda buat difokuskan untuk konten berbahasa Indonesia serta pengunjung yang juga berasal dari Indonesia maka ada baiknya memilih server dari dalam negeri saja.

Keuntungan yang Anda dapatkan ketika menggunakan server dari Indonesia selain mendapatkan kecepatan akses yang tinggi, Anda juga bisa lebih mudah untuk menghubungi provider tersebut sewaktu- waktu. Terlebih jika website Anda dalam keadaan down ataupun mengalami error secara tiba-tiba. 

3. Menggunakan Provider Dengan Fitur Ekstra

Karena jumlah provider penyedia jasa hosting dan domain semakin banyak di sekitar Anda, maka pintar-pintarlah memilih provider yang berani menawarkan pelayanan ekstra. Beberapa fitur ekstra yang wajib ada ialah akses pelayanan kepada pelanggan selama 24 jam penuh serta adanya garansi setiap pembelian domain maupun hosting. Selain pelayanan kualitas hosting dan domain, provider terbaik dan terpercaya juga wajib memberikan pelayanan ekstra kepada pelanggan.
 
4. Menggunakan Jasa Provider yang Memiliki Kredibilitas 

Meskipun semakin hari semakin banyak penyedia jasa dan hosting dengan harga yang murah, akan tetapi Anda tetap perlu waspada dalam memilih jenis provider tersebut. Anda tidak boleh asal membeli hanya karena harga yang ditawarkan sangat murah dibandingkan provider yang lainnya. Oleh karena itu, pelajarilah terlebih dahulu popularitas hingga lamanya provider tersebut bergerak dalam bidang penyediaan jasa hosting dan domain.

Salah satu penyedia domain terpercaya dan berkualitas sejak dulu ialah Domainesia.com. Proses perjalanan berdirinya juga tergolong cukup lama dalam dunia hosting dan domain sehingga sudah memiliki banyak pelanggan hingga hari ini. Oleh sebab itu, sekitar puluhan ribu pelanggan dari dalam dan luar negeri juga lebih memilih menggunakan jasa hosting dan domain dari situs ini.
5. Memiliki Kemudahan Dalam Pembayaran

Memberikan kemudahan dalam pembayaran hosting juga menjadi poin penting saat Anda ingin melakukan pembelian. Kebanyakan provider hosting dan domain memberikan kesulitan kepada calon pembelinya karena proses pembayarannya yang terbilang cukup ribet. Terlebih jika Anda memilih menggunakan jasa hosting dan domain yang berasal dari luar negeri.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelian silahkan mencari provider yang memberikan akses fleksibel saat melakukan pembelian hosting. Carilah provider yang menyediakan akses pembayaran seperti transfer bank, menggunakan credit card hingga kemudahan pembayaran hanya lewat minimarket yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

6. Menyesuaikan Dengan Budget Anda

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan pembelian hosting murah untuk blog ialah dengan menyesuaikan budget yang Anda miliki. Karena sudah banyak provider yang memberikan penawaran paket hosting dan domain murah, maka Anda harus lebih jeli lagi dalam memilih hosting yang tepat. Lakukanlah perbandingan harga agar keuangan Anda tetap dalam keadaan aman. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu memikirkan biaya lainnya untuk proses pembuatan website lagi selanjutnya.

Sebagai kesimpulan, ada baiknya Anda tidak terpaku saja pada persoalan murahnya penawaran hosting tersebut. Meskipun harga murah memberikan keuntungan, akan tetapi kualitas hosting tetap yang utama dalam membangun blog Anda.

Bagikan:

Populer

Kategori

Artikel Baru

Pojok Redaksi

Selamat datang di website SDN Potoan Laok 1 Palengaan - Pamekasan.