Bercanda Tarik Kursi Bisa Jadi Masalah Kesehatan Serius

Sempat viral di media sosial, video siswa SMA menarik kursi temannya yang akan diduduki oleh seorang siswa lain. Mungkin bermaksud bercanda atau jahil, namun akibatnya sang anak mengalami cedera tulang ekor akibat terjatuh.

Bercanda dan melakukan hal yang menyenangkan bersama teman sebaya adalah hal yang normal. Tapi hati-hati, jangan sampai bercanda menjadi masalah serius kondisi kesehatan!

Bercanda Tarik Kursi

Terjatuh dari Kursi, Gangguan Kesehatan Apa Saja yang Bisa Terjadi?


Dalam kasus videos viral tersebut, siswa yang menjadi “korban” bercanda tarik kursi disebut mengalami cedera tulang ekor belakang dan harus mendapatkan perawatan. 

Lantas, apa saja sebenarnya gangguan kesehatan yang bisa terjadi saat seseorang mengalami kecelakaan dan jatuh dari kursi? Berikut ulasan yang dikutip dari situs Halodoc Konsultasi Dokter.

Cedera Tulang Belakang

Bercanda tarik kursi bisa menyebabkan seseorang terjatuh dalam keadaan yang tidak siap, dan rawan mengalami cedera. Salah satu cedera yang bisa terjadi karena hal ini adalah cedera saraf tulang belakang alias spinal cord injury. Kondisi ini terjadi karena adanya luka atau kerusakan pada saraf tulang belakang yang bisa menyebabkan dampak yang permanen. Cedera saraf tulang belakang bisa memengaruhi kekuatan, sensasi, dan fungsi organ tubuh lain.

Patah Tulang

Selain cedera, jatuh dalam posisi duduk bisa menyebabkan tulang ekor patah. Tulang ekor adalah tulang yang berperan dalam membantu mengatur posisi duduk tetap dalam keadaan nyaman. Saat seseorang jatuh dalam posisi duduk, dan kemudian menyebabkan bunyi, seperti patah tulang, bisa menjadi tanda yang harus diwaspadai. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri yang bisa bertahan lama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Risiko Lumpuh

Meski biasanya terjadi karena kecelakaan besar, namun kelumpuhan karena cedera tulang leher hingga tulang punggung juga bisa terjadi saat seseorang jatuh dalam posisi duduk. Jika cedera akibat kecelakaan menyerang area leher sampai punggung, ada risiko kelumpuhan terjadi pada tangan atau kaki. Sedangkan jika cedera menyerang pinggang, maka kelumpuhan bisa terjadi pada area kaki. Tapi, jarang terjadi kelumpuhan akibat terjatuh dari kursi.

Benturan di Kepala

Saat terjatuh dari kursi di ruang kelas, ada kemungkinan kepala akan mengalami benturan keras karena mengenai meja atau kursi lain. Jika benturan tersebut terjadi dengan sangat keras, bukan tidak mungkin akan terjadi kebutaan pada kedua atau salah satu mata. Hal itu bisa terjadi karena adanya gangguan pada saraf mata akibat benturan di kepala.

Kalau mau cari tahu lebih lanjut seputar cedera tulang ekor dan dampak jatuh dari kursi dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!


Bagikan:

Populer

Kategori

Artikel Baru

Pojok Redaksi

Selamat datang di website SDN Potoan Laok 1 Palengaan - Pamekasan.