Ladang Bunga Matahari Jadi Tempat Wisata

Awalnya Saputra tidak pernah menyangka bahwa bunga matahari yang ditanam di lahan pertaniannya menjadi daya tarik sebagai tempat wisata oleh banyak orang terutama kaum remaja. Saputra hanya menanam bibit bunga matahari dan berharap penghasilan dari biji bunga matahari yang dijadikan camilan kuaci ketika panen.

Ladang Bunga Matahari (image: https://radarmadura.jawapos.com)
Penanaman bibit bunga matahari di lahan seluas sekitar 20x50 meter di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan itupun awalnya hanya mengikuti saran dari petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) setelah ladang pohon pisang yang ditanam banyak yang mati.

Setelah dua bulan merawat bunga matahari bersama rekannya, saat mulai bunga mulai bermekaran, terjadi pemandangan yang mengagumkan di areal ladang. Keindahan bunga matahari yang mekar diabadikan oleh masyarakat serta diunggah ke media sosial.

Foto-foto yang tersebar di medsos direspons baik oleh netizen dan pada akhirnya, banyak yang berkunjung melihat langsung keindahan bunga matahari. Saputra tidak menyangka akan menjadi spot wisata.

Menurut Azhar Arifin, 20, pengunjung asal Desa Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan, Sumenep, yang dikutip dari laman radarmadura.jawapos.com, mengatakan bahwa kebun bunga matahari tersebut termasuk salah satu spot wisata yang langka. Dia berharap pemerintah harus berperan dalam proses pengembangan.

"Sangat cocok untuk anak muda. Warna kuning yang khas juga menjadi daya tarik kaum milenial. Meskipun orang tua juga bisa berswafoto di area kebun," katanya.

Kepala Disparbud Pamekasan Achmad Sjaifuddin mengaku senang jika masyarakat ingin bekerja sama untuk pengembangan tempat wisata. Nanti bisa langsung dengan disparbud atau melalui badan usaha milik desa (BUMDes).

"Kami menyambut baik jika pemilik lahan mau berkoordinasi dengan pemerintah," katanya.

Menurut dia, perlu tambahan wahana baru yang belum dibangun di tempat wisata lain. Tujuannya, agar pengunjung tidak bosan.

"Harus ada ciri khas di tempat wisata itu", lanjut Achmad Sjaifuddin.

Saputra pun berniat untuk memperluas kebun bunga matahari miliknya. Selain itu, akan ditambah wahana-wahana baru untuk menarik minat pengunjung. Rencananya, akan diperluas dan ditambah dengan kolam renang.


Ladang Bunga Matahari Jadi Tempat Wisata

Bagikan:

Populer

Kategori

Artikel Baru

Pojok Redaksi

Selamat datang di website SDN Potoan Laok 1 Palengaan - Pamekasan.

Tahun baru 2019, semangat baru untuk terus belajar