Penggolongan Hewan Berdasarkan Ciri-cirinya

Hewan merupakan salah satu macam makhluk hidup. Untuk memudahkan mempelajarinya, perlu dilakukan penggolongan. Penggolongan ini berdasarkan ciri-ciri yang dapat diamati.

Penggolongan Hewan

Penggolongan Hewan 


1. Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya 

Hewan berdasarkan jenis makanannya digolongkan menjadi:

  1. Hewan pemakan tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan dinamakan herbivora. Herbivora ada yang makan rerumputan atau daun. Contohnya sapi dan kambing. Ada herbivora yang makan biji-bijian. Contohnya burung merpati, perkutut, dan parkit. Dan ada herbivora yang makan buah-buahan. Contohnya kelelawar, burung beo, dan burung jalak. 
  2. Hewan pemakan daging hewan lain. Hewan pemakan daging disebut karnivora. Contohnya harimau, burung elang, cecak, dan hiu
  3. Hewan pemakan segala. Hewan pemakan segala atau dinamakan omnivora. Omnivora memakan tumbuhan dan daging hewan lain. Contoh omnivora adalah ayam, bebek, dan beruang. Ayam makan jagung, padi, dan juga cacing. Beruang makan ikan dan juga dedaunan.
2. Penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya 

Hewan berdasarkan tempat hidupnya digolongkan menjadi:
  1. Hewan yang hidup di darat. Hewan darat tinggal di berbagai tempat. Ada yang tinggal di permukaan tanah. Contohnya ayam, bebek, dan kucing. Ada hewan yang tinggal di dalam tanah. Contohnya semut, cacing, dan tikus. Ada juga hewan yang tinggal dekat air. Contohnya kuda nil, buaya, dan kura-kura.
  2. Hewan yang hidup di air. Ada hewan air tawar. Contohnya ikan mas, arwana, koi, dan sepat. Ada hewan air laut. Contohnya lumba-lumba, ikan paus, ikan hiu, dan anjing laut. Dan ada hewan air payau. Contohnya ikan bandeng. Air payau adalah campuran air tawar dan air laut. Air payau terdapat di dekat muara sungai atau di tepi pantai.
  3. Hewan yang hidup di darat dan di air atau amfibi. Contoh hewan amfibi adalah katak dan salamander. Katak memulai hidupnya di air. Setelah dewasa, katak mengalami perubahan. Katak dewasa hidup di darat dan di air.
3. Penggolongan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya

Hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya digolongkan menjadi:
  1. Hewan melahirkan. Hewan mengandung anaknya selama beberapa waktu. Lamanya waktu mengandung setiap hewan berbeda-beda. Kemudian hewan tersebut melahirkan. Contoh hewan yang melahirkan adalah kambing, kucing, dan harimau.
  2. Hewan bertelur. Apakah kamu suka makan telur ayam? Telur ayam sebenarnya calon anak ayam. Telur dierami induknya. Kemudian telur menetas menjadi anak ayam. Contoh hewan bertelur adalah bebek, burung, cecak, ular, kura-kura, dan ikan.
4. Penggolongan hewan berdasarkan cara bergeraknya 

Hewan selalu bergerak untuk memperoleh makanannya. Cara hewan bergerak bermacam-macam digolongkan menjadi:
  1. Hewan berjalan. Hewan pejalan kaki mempunyai kaki yang kuat. Telapak kakinya dirancang khusus untuk berjalan. Contoh hewan yang berjalan adalah ayam dan unta. 
  2. Hewan melompat. Hewan melompat memiliki kaki. Kaki belakangnya panjang dan kuat. Contohnya katak, kanguru, dan kelinci.
  3. Hewan terbang. Hewan terbang dengan sayapnya. Berbagai jenis burung bergerak dengan terbang. Contoh lainnya adalah kelelawar, kupu-kupu, dan lebah.
  4. Hewan berenang. Hewan yang hidup di air pandai berenang. Mereka berenang dengan alat geraknya. Contohnya ikan berenang dengan sirip dan ekornya. Anjing laut dan penguin berenang dengan sayap dan kakinya. 
  5. Ada hewan yang bergerak dengan cara lain. Misalnya cacing dan ular. Mereka bergerak merayap dengan perutnya.
5. Penggolongan hewan berdasarkan penutup tubuhnya 

Berdasarkan penutup tubuhnya, hewan digolongkan menjadi: 
  1. Hewan berambut. Hewan memiliki rambut. Ada hewan yang berambut tebal. Contohnya kucing, kelinci, dan anjing. Ada hewan berambut tipis. Contohnya sapi, kerbau, dan tikus. Rambut berguna untuk melindungi kulit.
  2. Hewan berbulu. Contoh hewan berbulu adalah burung dan ayam. Warna bulu beraneka warna. Bulu mempunyai lapisan minyak sehingga tahan air. Bulu bebek tidak basah ketika berenang di air. Bulu juga membantu terbang. 
  3. Hewan bersisik. Contoh hewan bersisik adalah kadal, ular, dan cecak. Sisik ular membantunya bergerak melata di tanah. Sisik ikan membantunya bergerak di air. 
  4. Hewan bercangkang. Ada hewan yang dilindungi oleh cangkang. Contohnya adalah bekicot dan siput. Cangkang merupakan zat kapur yang keras. Cangkang melindungi bagian tubuh hewan yang lunak. 

Materi IPA - Penggolongan Hewan Berdasarkan Ciri-cirinya

Bagikan:

Populer

Kategori

Artikel Baru

Pojok Redaksi

Selamat datang di website SDN Potoan Laok 1 Palengaan - Pamekasan.

Keluarga Besar SDN Potoan Laok 1 mengucapkan SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL 2018.

“Bersama Santri Damailah Negeri”