Al Quran tertua di Asia

Ternyata, Al Quran tertua di Asia ada di Indonesia, tepatnya di Alor Besar, Kabupaten Alor, Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini terbukti dengan adanya manuskrip Al-Quran yang diperkirakan berusia hampir 1000 tahun. Jadi, Al Quran di Alor Besar ini, tertua di Asia Tenggara.

Al Quran tertua di Asia

Al Quran tertua di Asia


Menurut sejarah, Al Quran kuno ini dibawa ke Pulau Alor pada 1523 oleh Iang Gogo dari Kesultanan Ternate, yang terletak sekitar 1000-an kilometer di utara.  Iang Gogo merantau bersama keempat saudaranya dengan misi penyebaran Islam hingga ke Alor. 

Pada saat dibawa ke Alor, Al Quran tersebut sudah berumur tua. Al Quran tua tersebut terbuat dari bahan kulit kayu tipis dan tinta serta pewarna alami, Al Quran ini masih 98% utuh kelengkapan ayat dan suratnya.

Meski rumah tempat disimpannya Al Quran ini sempat terbakar tahun 1982, namun terjadi keajaiban dimana Al Quran tersebut selamat dan tidak rusak, padahal disimpan dalam kotak kayu yang mudah terbakar.

Saat ini, Al Quran tersebut disimpan di Desa Lera Baing, di sebuah rumah milik keturunan ke-14 dari Iang Gogo, yakni Nurdin Gogo, yang yang berada di sebelah Masjid Baabussholah.

Masjid Baabussholah merupakan masjid pertama yang dibangun di Pulau Alor sekitar tahun 1633 dan telah beberapa kali mengalami renovasi.

Sumber: Kumau Info

Al Quran tertua di Asia 

Bagikan:

Populer

Kategori

Artikel Baru

Pojok Redaksi

Selamat datang di website SDN Potoan Laok 1 Palengaan - Pamekasan.

Keluarga Besar SDN Potoan Laok 1 mengucapkan SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL 2018.

“Bersama Santri Damailah Negeri”